Sabtu, 23 April 2011

Remek Daging


Hemigraphis colorata Hall.f.


Tanaman ini banyak ditanam orang di halaman rumah sebagai tanaman penutup (Ground Cover), namun jarang yang mengetahuinya bahwa tanaman ini termasuk tanaman obat yang khasiatnya cukup beragam. Di daerah jawa orang menamakannya Remek Daging.

Perkenalan dengan khasiat dari tanaman ini berawal ketika seorang dari kami mengalami gangguan penglihatan setiap sore hari menjelang gelap. Tiba-tiba saja semuanya mendadak kabur sehingga tidak mampu untuk berjalan di tengah keramaian. Namun ketika pagi hari, semuanya menjadi normal, namun berulang kembali menjadi kabur ketika sore hari. 

Sudah dicoba dengan berbagai obat tetes mata dan herbal yang juga banyak untuk kesehatan mata, namun tidak membuahkan hasil. Konsultasi akhirnya dilakukan kepada sahabat yang paham benar akan berbagai pengobatan dan disarankan untuk menggunakan daun ini. Alhamdulillah .. setelah digunakan, penglihatan kami menjadi pulih seperti sediakala.

Dari sumber yang dapat dipercaya ternyata daun ini berkhasiat sebagai penambah darah, penghenti perdarahan (hemostatis) dan peluruh kencing (diuretik). Hasil uji aktivitas antibakteri fraksi etilasetat daun sambang getih dapat menghambat Staphylococcus aureus pada kadar 13, 26, 52, 78, dan 104 mg%. Kenaikan kadar berbanding lurus dengan daerah hambatan antibakteri. Juga terdapat senyawa flavonoid pada daun sambang getih (Serly Sapulette, Fakultas Farmasi, UGM, 1992).

Simplisia dari bahan ini akhirnya selalu kami simpan, untuk dapat dipergunakan sewaktu-waktu dan dapat dikirimkan bagi yang membutuhkan dimanapun berada dan kapan saja.


Sungguh DIA Maha Menyembuhkan ...

2 komentar:

  1. mohon dikirimkan cara untuk penyembuhan mata, kebetulan mata saya sudah minus sembilan.
    Adapun untuk tanaman tersebut saya sudah ada.
    Selain itu tolong kirimkan juga cara untuk penghentian darah dan peluruh kencing.

    BalasHapus
  2. untuk permintaan cara penyembuhan pada mata, penghentian darah, dan peluruh kencing. mohon diemail kan ke intigraf@yahoo.com

    BalasHapus