Jumat, 22 April 2011

Daun Salam

Syzygium polyathum (weight.) Walp.


Kita semua sudah sangat mengenal daun ini, terutama bagi yang selalu bergelut di dapur, yaitu sebagai penyedap masakan.  Kamipun sudah lama menanam di pekarangan untuk sekedar keperluan bumbu dapur.

Suatu hari, seorang teman mengeluh bahwa ketika bangun tidur badannya terasa kaku, terutama di bagian kaki. Berdasarkan pengetahuan kami, hal ini disebabkan tingkat kandungan asam urat yang mulai meningkat di dalam tubuh yang seharusnya dibuang melalui feses pada saat buang air besar. Melalui informasi beberapa orang yang sudah kami anggap paham tentang hal ini, disarankan untuk meminum air dari godogan daun salam sesegera mungkin, terutama malam ketika akan tidur. Alhamdulillah, saran ini sangat membantu. Ketika bangun tidur, setelah minum air rebusan daun salam tentunya, rasa kaku itu tidak lagi timbul. 

Menurut Profesor Hembing (Pakar Herbal), pohon salam memiliki berbagai khasiat yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Mengatasi asam urat, stroke, kolesterol tinggi, melancarkan peredaran darah, radang lambung, diare, gatal-gatal, kencing manis, dan lain-lain. Info lain mengatakan juga berguna untuk mengatasi sakit maag, mabuk alkohol, diare, kudis dan gatal.

Simplisia kering dari daun salam, saat ini selalu tersedia di tempat kami. Agar dapat kami pergunakan setiap saat, juga berbagi dengan yang membutuhkannya.

Salam ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar